Rabu, 04 Februari 2015

[BACKPACKER] TRIP TO YOGYAKARTA 2014

Yuppp.. aku mau share ke pembaca blog skalian tentang perjalanan aku ke yogyakarta bareng temen2.
karna aku dari sukabumi dan temen2 ada di bandung, aku ceritain dulu aja perjalanan aku naik bis dari sukabumi ke bandung menuju station kiara condong, dari sukabumi aku berangkat jam 2 siang pulang kerja langsung cuss, sampai sana berhubung perjalanan macet, sampai lah  jam 8 di bandung, wowww... 6 jam bokk, biasanya pling 4jam karna emang waktu itu weekend.
sampai di bandung aku istirahat dulu di tempat temen sampai besok pagi jam 6 kita berangkat naik kereta, kenapa kita ga ambil kereta malam jugijaggijuggijagijug hahaha soalnya kereta malam sold out, jadi ada
lumayan waktu semalem kebuang, tapi yaudalah yang penting kita jadi ke yogyakarta dan lumayan bisa liat pemandangan juga, nah ini lah enaknya ngambil kereta pagi, liat sawah2 dan perkampungan masyarakat and i'm so excited cz  first time nih aku kesana hehehe.

harga tiket kereta waktu itu lagi di subsidi jadi 55rb lumayankan. nah soal budget, karna yogyakarta murah meriah bgt, yang mau kesana mestinya sih ga harus habis jutaan, ratusan ribu kalo kita super duper ngirit bisa 2-3 hari disana ..
kalo aku bugdetnya 800an disana aku cuman 1 hari 2 malem sisanya aku habiskan di perjalanan secara kereta ekonomi menghabiskan 9 jam. wah ga kebayang deh 9 jam duduk, untungnya perkeretaan sekarang uda ga kayak dulu desak2an,duduk ga sesuai no antrian , susah ke wc, banyak jambret, yang ngerokok ga tau aturan dan mungkin program pemerintah entah pt kai nya sendiri yang menertibkannya, naik kelas ekonomi sekarang ga perlu mengkhawatir lagi itu semua, cuman ada beberapa yang bikin kurang nyaman, ya maklum lah ya, karna kelas ekonomi kelas rakyat sudah ber AC saja mustinya beruntung, tapi kalo AC nya dingin bgt kan mana tahan .. uda gitu wc nya kotor dan bau ga ketulungan sampe2 tiap mau kebelakang musti muntah karna ga kuat nahan bau . heheh ok skip kita next.

nah stelah menghabiskan waktu 9 jam akhirnya kami sampai di station lempuyang jam 2 siang molor dikit dari waktu yang di tentukan, ohh yogyakarta aku sudah tak tahan ingin menjalajahi mu hehehe. kondisi waktu itu lagi panas2nya, langsung deh saat itu salah seorang teman ku mengaktifkan GPS di hp nya cielah 2014 gitu ga perlu tanya2 orang lagi karna uda ada GPS .
rencana pertama kita cari penginapan dulu, dari station lempuyang kita naik beca sampai ke malioboro bayarnya 15rb, di malioboro kita jalan lagi sambil nyari2 penginapan yang pas di kantong. dan akhirnya jam 3 sore kita baru dapet penginapan harganya 80rb, wc uda di dalam, kasur ukuran 1 lumayan buat numpuk cue' hehe. nah buat kaliang para backpaker kalo cari penginapan yang murah di sekitar malioboro ada di jalan dagen, sastrowijayan dan ga perlu takut disitu aman dari tempat2 prostitusi.

sampai jam 5 sore kita jalan2 deh mengelilingi malioboro, sampai akhirnya mampir ke angkringan, jangan ngaku ke yogyakarta kalo belum mampir ke angkringan dan nyobain kopi joss dan nasi kucing nya.. hmmm wenak tenan rek' :D, harga kopi jos Rp 3500, nasi kucing Rp 3000 gorengan Rp 500an, wah murah meriah bgt dengan 10rb saja sudah kenyang.

( ga eksis kalo ga foto di tugu yogya hehehe )

jam stgh 11 malem masih rame banget malioboro, mungkin bakalan rame kali sampai paginya juga, karna ga kuat cape dan ngantuk akhirnya kita memutuskan buat balik ke  penginapan,

besok paginya kita langsung cus ke candi borobudur yang berada di magelang dengan mengendari motor yang kita sewa dengan harga 75rb sehari semalam dengan menggadaikan KTP saja. penyewaan motor ini gampang banget ko di temuin di sekitar malioboro ga perlu khawatir susah nyarinya karna banyak banget.
nah seperti biasa GPS di aktifkan, dan lumayan jauh ternyata dari malioboro ke candi borobodur itu sekitar 2 jaman, pyuhhhh panas nya ga nahan yogyakarta.

sampai candi borobudur kita bayar tiket yang cuman 30rb disana kita di wajibkan memakai kain batik dan di talikan ke pinggang.

aku kira itu di bagikan gratis buat pengunjung ehh ternyata musti di balikin lagi pas kita uda di pintu keluar :(. hahay (ngarep banget barang gratis).
upload dulu ya dikit foto2nya hehehe

banyak banget yang jualan disana dan harganya murah2 tapi aku sih ga beli apa2 karna ngirit dan ceritanya mau belanja di pasar bringharjo besok sebelum pulang.
nah sampai jam 12 kita puas mengelilingi candi dan memutuskan untuk balik dan next langsung ke solo, dan di tengah perjalanan entah karna ban motornya yang sudah tipis entah aspalnya yg panas dan entah apalah ban bocor sampai 2 kali dan memutuskan perjalanan ke solo karna pasti sampai sana sudah sangat sore sekali dan kita ga bisa foto2 juga hehe.
 nah kita menggantinya dengan pergi ke taman sari tempat mandinya putri2 kerajaan gitu, untuk lebih lengkapnya lagi para pembaca bisa gooling saja lengkap sejarahnya taman sari hehe, tiket masuk ketaman sari murah saja hanya 5rb rupiah.

nah foto yang di terongan ini lumayan agak kagum2 gmana gtu campur mistis kebayang malem2 ke terowongan ini tanpa cahaya sedikitpun, ampun deh pingsan kayaknya ..(khayal banget)

konon sebelum terowongan ini di tutup, terowongan ini di pakai raja2 untuk melakukan perjalanan sampai tembus ke pantai parangtritis, entah apa alasan pastinya kenapa terowongan ini di tutup.

nah ini salah satu sudut masjid taman sari, di atas tangga itu tempat mengumandangkan adzan karna dulu ga ada speaker kayak jaman sekarang dengan atap berlubang itu suara bisa terdengar sampai keperkampungan desa. subhanallah ..

sekitar jam 5 kita sudah puas ngubek2 isi taman sari, tempatnya lumayan membuat merinding karna tembok2 masih sangat jaman dulu sekali ahh berasa deh mistisnya .
akhirnya kita pulang, bersih2 dan kemudian istirhat sejenak karna jam 7an kita bakal keluar lagi nokrong2 di angkringan.

besoknya .. yah sudah mau pulang saja karna kereta brangkat jam 2 jadi kami memutuskan buat belanja di pasar bringharjo. duh aku kira pasar buka pagi2 ternyata bukanya skitar jam 12an wadeuh kita bakal ketinggalan kereta nih kalo tetep nunggu pasar bringharjo buka full. karna emang ada sih yang uda buka tapi hanya beberapa kan ga asyik, jadi alhasil kita belanja di pinggir2 malioboro dengan modal tawar menawar habis2an. aku ga terlalu banyak belanja sih karna uang ku saat itu hanya tersisa 300rb lagi hehehe hanya beli seadanya saja untuk oleh2.belanja selesai dan kita sudah ada di station lempuyang dengan jasa amang2 becak 15rb saja dari malioboro. ahh bye bye yoyakarta aku belum puas banget karna kendala waktu yang sangat minim.
next time aku harus ke solo ke candi prambanan dan ke keraton karna pas aku kesana keraton ga lagi di buka buat umum :( .backpaker ke yogyakarta tuh bener2 berasa banget nyantol gitu di ingatan ga bakal ngelupain deh ..yang belum pernah backpaker ke yogyakarta musti coba loh recomend banget bagi pembaca yang suka pergi2 tanpa tourguide or jasa travel.

tips backpaker
- bicara sopan (karna kita ada di wilayah orang lain)
- rajin rajin lah menawar (beruntung yang bisa bahasa pribumi karna ritual
tawar menawar akan lebih cepat dari mereka yang wisatawan luar kota)
- harus punya GPS (bingung kalo harus tanya2 terus, kan ga tau orang ada
yang baik ada yg usil, bisa2 kita di bohongin)
- budget di persiapan secara matang (karna pada dasarnya yang mahal itu